Home » » Gubernur Tekankan Lebih Serius Lagi PNPM Ke Depan

Gubernur Tekankan Lebih Serius Lagi PNPM Ke Depan



The Jambi Times – Jambi - Hasan Basri Agus (HBA) sangat berharap agar pemerintah yang akan datang melanjutkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri. Harapan tersebut dikemukakan oleh gubernur dalam Penandatanganan Naskah Perjanjian Dekonsentrasi, Naskah Perjanjian Urusan Bersama, Penandatanganan MoU, dan Penandatanganan Kontrak Fasilitator PNPM Mandiri Perdesaan Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2014, bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Hambi, Selasa (18/02/2014).

 Gubenur mengatakan, PNPM Mandiri sangat penting dalam pengentasan kemiskinan, PNPM Mandiri Perdesaan bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan kesempatan kerja masyarakat miskin di perdesaan, dengan mendorong kemandirian dalam pengambilan keputusan dan pengelolaan pembangunan. Gubernur mengungkapkan bahwa penanggulangan kemiskinan merupakan program prioritas pembangunan baik nasional maupun Provinsi Jambi. “Provinsi Jambi telah ditargetkan oleh Pemerintah Pusat agar dapat menurunkan angka kemiskinan dari 7,9% pada tahun 2011 menjadi 5% pada tahun 2015. Ini bukanlah pekerjaan mudah bagi kami, tanpa bantuan dari Pemerintah Pusat,” ungkap gubernur.

 Gubernur menyatakan, pelaksanaan PNPM Perdesaan juga strategis karena mendukung upaya pencapaian Millennium Development Goals (MDGs) (tujuan pembangunan milenium), dimana melalui pembangunan berbagai sarana dan prasarana infrastruktur dasar perdesaan seperti transportasi, air bersih dan sanitasi, serta pendidikan dan kesehatan, diharapkan berbagai tujuan MDGs, yaitu: pengurangan penduduk miskin, pendidikan dasar, kesetaraan gender, serta pengurangan angka kematian ibu dan bayi dapat terbantu pencapaiannya.

 Gubernur menjelaskan, di Provinsi Jambi, PNPM telah dilaksanakan sejak tahun 2003 hingga sekarang, dan pelaksanaannya dinilai cukup baik secara nasional, dibuktikan dengan penganugerahan Sikompak Award selama empat tahun berturut-turut bagi pelaku PNPM Mandiri Perdesaan di Provinsi Jambi. “Namun demikian, hal tersebut tidaklah membuat kita berpuas diri, justru hendaknya menjadi cambuk untuk lebih meningkatkan kinerja di masa mendatang, sehingga PNPM Mandiri Perdesaan dapat terlaksana lebih baik lagi,” ujar gubernur.

Selain itu, gubernur mengungkapkan bahwa Provinsi Jambi juga telah mendapatkan alokasi Program Pengembangan Sistem Pembangunan Partisipati (P2SPP) dan Percepatan Pembangunan Kemiskinan dan Penghidupan Berkelanjutan MP3KI, sehingga pencapaian tujuan program semakin komplek. “Untuk itu, diperlukan fasilitator kabupaten dan kecamatan yang handal dan berdedikasi tinggi,” sebut gubernur.

 Gubernur mengharapkan agar PNPM mendorong seluruh anggota masyarakat untuk terlibat dalam setiap tahapan kegiatan secara partisipatif, sehingga pada akhirnya dapat merubah sikap, mental, dan perilaku kearah yang lebih dinamis dalam mempersiapkan masyarakat agar mampu menjawab tantangan masa depan.

Gubernur mengatakan, dirinya tidak ingin masyarakat menjadi manja dan terlena dengan berbagai bantuan yang diberikan. Gubernur juga berharap supaya sinergi PNPM Perdesaan dengan program pengentasan kemiskinan lainnya dapat terus ditingkatkan, serta peningkatan koordinasi antar instansi dan antar Pusat dan Daerah dan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) yang diketuai oleh Wakil Bupati. “TKPKD merupakan payung koordinasi dari berbagai program penanggulangan kemiskinan dari berbagai institusi yang ada, baik yang bersifat Community Driven Development maupun berupa program/kegiatan yang dijalankan pemerintah, dengan harapan gar penanggulangan kemiskikan dapat lebih strategis, efektif, dan efisien,” tutur gubernur.

 Gubernur mengungkapkan, sebagai wujud komitmen terhadap pemerataan pembangunan dan pengurangan kemiskinan, Pemerintah Provinsi Jambi telah menginisiasi program penanggulangan kemiskinan lokal, yaitu program Satu Miliar Satu Kecamatan (Samisake), yang meliputi klaster I, III, dan IV, terdiri dari : bedah rumah, pemberian seertifikat gratis, Jamkesmas provinsi, pemberian beasiswa di jenjang SD, SMP, SMA, dan S1, pemberian bantuan alat pertanian (alsintan), bantuan UMKM, bantuan kendaraan kebersihan, yang alokasi dananya langsung ke kecamatan.

 Selanjutnya, gubernur menjelaskan bahwa di tingkat kabupaten/kota di Provinsi Jambi juga telah berkembang berbagai program daerah yang merupakan bagian integral dari upaya penanggulangan kemiskinan, antara lain Program Seratus Juta Satu Desa (Serjusade) di Kabupaten Sarolangun, Program Daerah Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) di Kabupaten Bungo dan Merangin, PNPM Daerah di Kabupaten Tebo, Gemah Desa di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Samudera di Tanjung Jabung Timur.

Gubernur menegaskan bahwa semua program tersebut mengarah pada pengentasan kemiskinan. Dirjen Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Dalam Negeri (PMD Kemendagri) RI, Tarmizi Karim, M.Sc, dalam sambutannya sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten di Provinsi Jambi yang mensupport PNPM Perdesaan, yakni dengan melakukan upaya pengentasan kemiskinan melalui Samisake, Serjusade, PDPM, dan program sejenis lainnya.

 Tarmizi Karim mengungkapkan bahwa tidak banyak daerah yang mensupport PNPM dari APBD. Tarmizi Karim mengemukakan, dalam PNPM Perdesaan, jangan hanya melihat besarnya uang yang dikeluarkan, tetapi juga melihat outcome dan impact (dampak), terutama dalam menumbuhkan partisipasi masyarakat. Tarmizi Karim mengatakan bahwa apa yang dilakukan dalam PNPM Perdesaan bisa menumbuhkan kemandirian partisipasi dan kemandirian masyarakat desa.

 Tarmizi Karim mengatakan, sangat penting untuk mengupayakan agar pembangunan itu berasal dari inisiatif masyarakat, dan berusaha mengefektifkan penggunaan dana, yang diharapkan bisa menuju pada kemandirian masyarakat. “Kita mau unggul, dengan menumbuhkan kemandirian masyarakat. Dan, membangkitkan partisipasi masyarakat tidak semudah membangun jalan,” sebut Dirjen PMD Kemendagri ini.

 Tarmizi Karim menyatatakan, dana PNPM tahun 2014 senilai Rp10,5 triliun, diarahkan untuk menumbuhkan partisipasi dan kemandirian, untuk menghasilkan pertumbuhan ekonomi, yang selanjutnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tarmizi Karim mengungkapkan, sudah ada Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan saat ini sedang dibuat Peraturan Pemerintah sebagai turunannya.

Dikatakan oleh Tarmizi Karim, UU Desa ini bertujuan untuk mendorong dan menumbuhkan kemandirian desa dalam melaksanakan pembangunan. Tarmizi Karim menegaskan, guna mendorong dan menumbuhkan kemandirian desa, maka perencanaan kabupaten harus sesuai dengan perencanaan desa dan harus inline dengan RPJMDes.

 Selanjutnya, Tarmizi Karim mengatakan bahwa PNPM Perdesaan akan dilanjutkan beberapa tahun kedepan. Menanggapi Progam Samisake yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jambi, Tarmizi karim mengatakan bahwa yang digelontorkan oleh gubernur bukan hanya uang, tetapi juga memberikan kasih sayang. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Perempuan Provinsi Jambi, Eni Heriati, dalam laporannya pada intinya menyampaikan, PNPM Perdesaan sangat bermanfaat dalam pembangunan di Provinsi Jambi.

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan Penandatanganan Naskah Perjanjian Kerjasama Perpanjangan Kontrak antara Kepala BP-MPP Provinsi Jambi dengan Fasilitator PNPM MP Provinsi Jambi (Ibu Darma Etika), Penandatanganan Naskah Perjanjian Kerjasama daam rangka Pembinaan Kelompok Simpan Pinjam Perempuan PNPM MP antara Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hj. Yusniana HBA dengan kepala BP-MPP Provinsi Jambi, Penandatanganan Naskah Perjanjian Kerjasama Urusan Bersama antara Dirjen PMD Kemendagri RI dengan Para Bupati Lokasi PNPM MP Provinsi Jambi Tahun 2014, yaitu dengan:

1.Bupati Sarolangun
2.Bupati Tanjung Jabung Timur
3.Bupati Tebo
4.Bupati Batanghari
5.Bupati Merangin
 6.Bupati Bungo
 7.Bupati Muaro Jambi,
8.Bupati Tanjung Jabung Barat dan
9.Bupati Kerinci. Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Gubernur Jambi,Fachrori Umar, para pejabat terkait dalam lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, serta para undangan lainnya. (Tim-JT).
Share this video :
 
Support : Creating Website
Copyright © 2014. TV The Jambi Times - All Rights Reserved