Home » » Suku Anak Dalam Di Tebo Tak Ikut Pemilu 2014

Suku Anak Dalam Di Tebo Tak Ikut Pemilu 2014

.


The Jambi Times – Tebo – Perjalanan yang mencapai hampir 3 jam dari kota Tebo ke lokasi PT Lestari Asri Jaya (LAJ) di koridor 25 Pt.Wira Karya Sakti (WKS) di kecamatan Sumai kabupaten Tebo. Kondisi jalan masuk kawasan ragunas melewati desa Suo-Suo kabupaten Sumai kabupaten Tebo ini banyak mengalami kendala,terutama medan yang cukup sulit dan jalan penuh dengan debu membuat perjalanan cukup menantang.

 Setiba di desa Semabu kecmaatan Sumai kabpaten Tebo,di kelompok Temenggung Buyung yang sebenarnya mereka warga dari Bukit 12 lalu mencari penghasilan hingga ke kawasan Bukit 30. Dari 4 Temenggung yang ada di koridor Pt. WKS Tebo dan masing masing Temenggung adalah Temenggung Buyung,Temenggung Bujang Kabut,Temenggung Asan dan Temenggung Apunk.

 Jumlah mereka dari masing masing Temenggung secara keseluruhan berjumlah 136 Kepala Keluarga(KK).

1.Temenggung Buyung berjumlah 30 Kelapa Keluarga (KK)

2.Temenggung Asan 26 Kepala Keluarga (KK)

3.Temenggung Bujang Kabut 47 Kepala Keluarga (KK)

4.Temenggung Apunk 34 Kepala Keluarga.

 Misalnya Temenggung Buyung,dirinya memilik Kartu Tanda Pendudk (KTP) Elektrik yang berdomisili di kecamatan Air Hitam Bukit 12 kabupaten Sarolangun.kini dirinya tinggal di Bukit 30 sedangkan pengikutnya tidak memiliki KTP. Ketika di tanya oleh The Jambi Times soal pemilu 2014 April nanti,Temenggung Buyung hanya menjawab,”Kami tidak tahu,pemerintah tidak pernah ke sini,jadi kami tidak tahu soal pemilu karena tidak ada sosisalisasi untuk kami sebagai orang rimba”,tegasnya.

 Di sisi lain.salah seorang yang juga pengikut temenggung buyung,”dirinya tidak tahu soal pemilu dan juga tidak memilik KTP,ungkapnya. Untuk tulis bacapun anak-anak di sini tidak tahu,lain halnya dengan orang rimba di Bukit 12,sebagian besar orang rimba di Bukit 12 tahu baca tulis. Kehidupan orang rimba di kawasan Bukit 30 ini ,mereka pada dasarnya mencari kerja menebang pohon milik PT LAJ,alasanya ini mereka sudah membentuk kelompok tani.

 Dari hasil jual kayu,mereka ada yang memiliki mobil dan berpenghidupan yang lumayan karena mereka terpaksa harus mengikuti cara ini,jika tidaka maka mereka tidak dapat hidup,karena di dalam hutan sudah sulit mencari makanan. Di perkirakan Pemilu 2014 nanti,4 Temenggung dan pengikutnya di di prediksi tidak akan ikut pemilu bulan April 2014 nanti,karena tidak memilik KTP dan tidak memiliki kartu memilih dari pemerintah tebo.(Tim-JT)
Share this video :
 
Support : Creating Website
Copyright © 2014. TV The Jambi Times - All Rights Reserved