Home » » TPID Provinsi Jambi:Stok Aman,Harga Stabil Di Bulan Ramadhan

TPID Provinsi Jambi:Stok Aman,Harga Stabil Di Bulan Ramadhan



The Jambi Times - Jambi - Menindaklanjuti Surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No. 511.1/2901/SJ tanggal 4 Juni 2014 perihal Menjaga Stabilitas Harga Pangan Menjelang Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1435 H, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi telah menggelar rapat koordinasi (High Level Meeting) pada tanggal 16 Juni 2014 untuk menyusun langkah-langkah strategis sebagai upaya mengendalikan gejolak harga pangan menjelang Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1435 H. 

Salah satu langkah tindaklanjut terkait hal tersebut adalah menggelar press conference pada hari ini Senin, 23 Juni 2014 untuk menginformasikan ketercukupan pasokan bahan pangan di kota Jambi sehingga ekspektasi masyarakat terkendali dan tidak terjadi panic buying. Beberapa informasi strategis terkait ketersediaan bahan pangan pokok di kota Jambi adalah sebagai berikut: I. BERAS Stok beras kualitas premium yang berada di gudang distributor beras di kota Jambi saat ini sejumlah 1.700 ton. Sementara itu, stok beras kualitas medium yang dikendalikan sepenuhnya oleh BULOG di Provinsi Jambi mencapai 6.156 ton. Dalam waktu dekat, jumlah stok tersebut akan bertambah menjadi 10.156 ton seiring dengan datangnya tambahan pasokan dari Sumatera Barat dan Lampung. 

Dengan jumlah tersebut, pasokan beras kualitas medium akan cukup untuk memenuhi kebutuhan beras masyarakat Jambi sampai dengan 4,5 bulan ke depan. Harga beras rata-rata di 3 (tiga) pasar utama di Kota Jambi (Angso Duo, Talang Banjar, dan Simpang Pulai) sampai dengan minggu ke-3 (ketiga) bulan Juni berada pada level yang stabil dengan rincian sebagai berikut: II.

 DAGING Stok sapi dan kerbau untuk mencukupi kebutuhan daging masyarakat kota Jambi dalam menghadapi Bulan Ramadhan dan Idul Fitri berdasarkan data Dinas Peternakan Provinsi Jambi tercatat sejumlah 1.322 ekor. Stok sapi dan kerbau tersebut cukup ideal untuk memenuhi kebutuhan daging masyarakat kota Jambi yang diproyeksikan mencapai 1.392 ekor selama Bulan Ramadhan dan Idul FItri.

 Sementara itu, stok daging dan telor ayam di Kota Jambi berdasarkan pemantauan Dinas Peternakan jumlahnya mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Stok daging dan telor ayam tersebut disuplai oleh peternak di Kota Jambi dan Kabupaten sekitar. Perkembangan harga daging rata-rata di 3 (tiga) pasar utama di Kota Jambi (Angso Duo, Talang Banjar, dan Simpang Pulai) sampai dengan minggu ke-3 (ketiga) bulan Juni berada pada level yang cukup stabil dengan rincian sebagai berikut: 

 Berdasarkan data historis, periode yang perlu diwaspadai terkait potensi terjadinya gejolak harga daging adalah H-3 Ramadhan dan H-3 Idul Fitri. Untuk mengatasi gejolak harga tersebut, Dinas Peternakan Provinsi Jambi akan rutin menggelar Operasi Pasar pada beberapa titik di Kota Jambi. III.

 BUMBU-BUMBUAN Tidak seperti pada tahun-tahun sebelumnya yang selalu menjadi sumber utama gejolak harga, pada tahun ini harga komoditas bumbu-bumbuan (bawang merah, bawang putih, cabe merah) di Kota Jambi justru stabil pada level yang rendah bahkan trennya menurun dibandingkan beberapa bulan sebelumnya. Stabilnya harga komoditas bumbu-bumbuan tersebut sejalan dengan meningkatnya pasokan seiring dengan masuknya masa panen pada sentra-sentra produksi komoditas tersebut. 

Program ketahanan pangan yang diinisiasi oleh Dinas Pertanian, Badan Ketahanan Pangan, serta instansi terkait lainnya turut memberikan insentif positif bagi pergerakan harga komoditas bumbu-bumbuan. Perkembangan harga rata-rata komoditas bumbu-bumbuan di 3 (tiga) pasar utama di Kota Jambi (Angso Duo, Talang Banjar, dan Simpang Pulai) sampai dengan minggu ke-3 (ketiga) bulan Juni berada pada level yang rendah dan stabil dengan rincian sebagai berikut: 

IV. GULA PASIR Stok gula pasir yang berada di gudang distributor Kota Jambi saat ini sejumlah 775 ton. Sementara itu, stok gula pasir di gudang BULOG saat ini 154 ton. Stok gula pasir tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kota Jambi selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1435 H. 

Perkembangan harga rata-rata gula pasir di 3 (tiga) pasar utama di Kota Jambi (Angso Duo, Talang Banjar, dan Simpang Pulai) sampai dengan minggu ke-3 (ketiga) bulan Juni berada pada level yang stabil dengan rincian sebagai berikut: V. BAHAN BAKAR MINYAK DAN LPG Berdasarkan data Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) serta PT Pertamina (Persero) Terminal Jambi diketahui bahwa stok premium dan solar cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Provinsi Jambi termasuk kebutuhan dalam masa Ramadhan dan Idul Fitri. 

Sementara itu terdapat penambahan 15% dari kuota sebelumnya untuk stok LPG kemasan 3 kg Provinsi Jambi per tanggal 9 Juni 2014. Melalui penambahan stok tersebut, diharapkan distribusi LPG kemasan 3 kg menjadi lancar dan tepat sasaran sehingga mampu mencukupi kebutuhan masyarkat Provinsi Jambi khususnya pelaku UMKM. VI.

 LANGKAH-LANGKAH STRATEGIS TPID PROVINSI JAMBI Dalam rangka menjaga stabilitas harga pangan menghadapi Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1435 H, TPID Provinsi Jambi bersama dengan SKPD dan instansi terkait akan melakukan beberapa langkah strategis sebagai berikut: 

 Melakukan inspeksi pasar untuk memastikan ketersediaan pasokan dan memantau perkembangan harga; 

Melaksanakan operasi pasar dan pasar murah yang waktu dan tempatnya akan ditentukan kemudian; 

Memprioritaskan moda transportasi angkutan yang membawa kebutuhan pokok masyarakat; 

 Memperbaiki infrastruktur pada titik-titik jalur distribusi barang; 

 Menjamin keamanan penyaluran bahan kebutuhan pokok; dan Melakukan pengendalian dan pengawasan penggunaan BBM bersubsidi. VII. REKOMENDASI/HIMBAUAN KEPADA MASYARAKAT 

Menghimbau masyarakat agar lebih bijaksana dalam pola konsumsi dan tidak melakukan pembelian bahan kebutuhan pokok secara berlebihan mengingat stok bahan pangan di Provinsi Jambi cukup dan tersedia hingaa 4,5 bulan ke depan. 

 Melakukan penghematan dalam penggunaan BBM; 

Melaporkan atau menyalurkan keluhan terkait kelangkaan dan ketidakstabilan harga bahan pangan kepada 
Sekretariat TPID Provinsi Jambi: o Biro Administrasi Perekonomian dan SDA Setda Provinsi Jambi Jl. A. Yani No. 1 Telanaipura Jambi .

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi Jl. A. Yani no. 14 Telanaipura Jambi Jambi, 23 Juni 2014 TIM PENGENDALIAN INFLASI DAERAH PROVINSI JAMBI Ketua, Kailani, SH, M.Hum Plh. SEKDA Provinsi Jambi(Sumber:Pemrpov Jambi)
Share this video :
 
Support : Creating Website
Copyright © 2014. TV The Jambi Times - All Rights Reserved