Home » , » Gubernur Buka Seminar Internasional Sriwijaya

Gubernur Buka Seminar Internasional Sriwijaya

:

The Jambi Times - Jambi - Gubernur Jambi,Hasan Basri Agus membuka Internasional Seminar Srivijaya in the Context of Regional Southeast Asia and South Asia bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur. 

Rabu Malam (20/8-14). Dalam sambutan dan arahannya Gubernur jambi menyampaikan, ditinjau dari sudut warisan kebudayaan masa lampau suatu masyarakat bangsa, maka kehadiran semua dalam forum ini, haruslah dinilai dari satu kesatuan pandangan kita, bahwa warisan kebudayaan tersebut adalah milik umat manusia masa kini dan esok.

" Tinggalan budaya seperti Borobudur, Angkot Wat di kamboja, taj mahal di india dan tembok besar ditiongkok dan banyak lagi Tinggalan budaya masa lampau umat manusia adalah sumbangan masyarakat suatu bangsa kepada kebudayaan masyarakat dunia," jelas HBA.

 Dikatakan HBA, apabila kita berada di situs muaro jambi melihat candi muaro jambi, candi kedaton, candi gumpung dan candi tinggi atau pun melihat bangunan-bangunan candi lain," kami berharap, kiranya semua nara sumber dapat pula menelusuri sejarah masa lampau masyarakat daerah ini, dalam upaya mereka membentuk masyarakat bangsa indonesia dalam satu kesatuan politik dan kebudayaan. Saya percaya bahwa semua nara sumber telah merekam suatu proses kesejarahan yang memiliki hubungan antara kerajaan melayu, sriwijaya dan kerajaan-kerajaan lain diasia tenggara.

Untuk diketahui candi muaro jambi ini merupakan candi yang terluas bahkan di indonesia yang terdapat sebanyak 86 candi dalam satu kawasan Gubernur juga mengharapkan kepada tim peneliti untuk perlu penelitian yang lebih mendalam, untuk pelurusan sejarah, Sementara itu ketua penyelenggara. Bambang Budi Utomo menjelaskan, tujuan dilaksanakan seminar ini adalah mempererat tali persaudaraan di antara negara-negara di asia selatan, asia tenggara dan tiongkok. 

Seminar Internasional Sriwijaya ini sebelumnya pernah dilakukan di kota jambi pada Agustus 1982. Pada waktu itu disponsori oleh (Seameo Project in Archaeologi and Fine Arts) SPAFA sebuah organisasi di bawah menteri pendidikan asia tenggara.

 Seminar Internasional Sriwijaya ini pertamakali digagas oleh Dr. Hasan Wirayudha anggota Tim dewan pertimbangan Presiden dan mantan mentri Luar negeri republik indonesia yang tertarik pada kebesaran kerajaan Sriwijaya dibidang perdagangan dan kemaritiman. Selain itu dikatakan juga, Seminar ini diikuti oleh 11 narasumber dari negara-negara Prancis, India, Thailand, Malaysia, Singapura, Taiwan dan Jepang serta dari indonesia dengan narasumber sebanyak 12 orang.

 Dilanjutkan penyerahan buku Itsing dan Kedatuan Sriwijaya oleh Enjat Jainudarajat dan Mr. Arlo Griffit ke Gubernur Jambi Malam jamuan peserta seminar ini berlangsung meriah dan hangat menampilkan tarian dan lagu daerah jambi bekerjasama dengan kota Jambi.(Tim-JT)
Share this video :
 
Support : Creating Website
Copyright © 2014. TV The Jambi Times - All Rights Reserved