Home » , » Kebun Raya Bukit Sari Tebo Rusak

Kebun Raya Bukit Sari Tebo Rusak



The Jambi Times – Tebo – Tahun 2012,gubernur Jambi Hasan Basri Agus(HBA)pernah memberikan keterangan pers soal kebun raya Bukit Sari yang terletak di wilayah hukum kabupaten Tebo,bahwa kebun raya Bukit Sari ini kebun yang terluas dari kebun raya lainya seperti kebun raya Bogor,luas kebun raya Bukit Sari 435 hektar lebih yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Batang Hari dan Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Lokasi hutan ini berada tepat di sisi jalan Raya Lintas Sumatera yang menghubungkan Kota Jambi dan Kota Padang .

Tepatnya di sekitar 135 Km dari Kota Jambi atau sekitar 110 Km dari Kota Muara Bungo (Kabupaten Bungo),sedangkan luas kebun raya bogor hanya 80 hektar.

Gubenrur Jambi sebagai kepala Pemerintah provinsi Jambi apa yang sudah di perbuat untuk kebun raya yang pernah jadi kebangaan provinsi Jambi ini,Kondisi saat ini cukup terbengkalai dan terkesan tidak terurus. 

Dari pantauan wartawan The Jambi Times (15/11/2014),pagar yang terbuat dari besi telah usang dan tua sebagian tiang lepas juga roboh,jalan aspal masuk yang menuju ke kebun raya ini sudah rusak,musholah yang terletak di sebelah kiri pintu masuk terlihat kotor juga rusak dan tidak terawat. 

Pedagang yang berada di kebun raya Bukit Sari hanya ada dua,pertama pedagang di sebelah kiri pintu masuk kebun raya dengan membuka warung apa adanya beratapakan terpal sedangkan pedagang kedua terletak di dalam kebun,pedagang ini milik dari penjaga kebun bukit sari.

 Menurut penjaga kebun,rusaknya pagar besi ini karena banyak di curi,hari biasa pengunjungnya sedikit namun pada hari libur seperti hari Sabtu dan Minggu pengunjung sekitar dua puluh sampai tiga puluh,itupun pengunjung yang hanya numpang istirahat karena letih di perjalanan. 

Amburadulnya kebun raya Bukit Sari yang di banggakan oleh gubernur Jambi,Hasan Basri Agus (HBA) provinsi Jambi ini sudah tidak di pedulikan lagi,tidak ada hiburan ataupun yang lainya.

 Amir salah satu pengunjung yang kebetulan mampir ke kebun ini mengharapkan kepada pemerintah pusat,provinsi khususnya dan kabupaten untuk sama-sama merenovasi dan turun langsung ke kebun raya ini dan segera perbaiki . Jadikanlah kebun raya yang benar-benar jadi kebanggan masyakarat Jambi. 

Kebun raya ini banyak menyimpan ribuan jenis tanaman,seandainya kebun raya ini ada hiburan dan tempat seperti homestay,,waterboom,pondokan yang banyak untuk menjual suvenir asli daerah,kuliner dan lain-lain,jika itu ada mungkin kebun raya ini akan banyak di kunjungi masyakarat, kondisi kebun raya Bukit Sari sekarang ini seperti daerah yang angker,sepi penuh dengah kerusakan(Tim-JT)
Share this video :
 
Support : Creating Website
Copyright © 2014. TV The Jambi Times - All Rights Reserved