Home » , » Tour ke Desa Air Liki Penuh Tantangan

Tour ke Desa Air Liki Penuh Tantangan

The Jambi Times – Merangin – Perjalanan ke desa Air Liki kecamatan Tabir Barat, gubenrur Jambi,Hasan Basri Agus(HBA) dan bupati Merangi, Al Haris beserta rombongan,Jum’at(23/01/2015)usai sholat Jum’at di Sungai Manau melanjutkan perjalannaya ke desa Air Liki,dalam perjalananya gubernur dan bupati melihat bebas pemandangan pertambangan emas mengunakan alat berat secara ilegal ini. Muara sungai,daerah aliran sungai(DAS) dan hulu juga hilir sudah tidak terbentuk lagi akibat pertambangan emas ilegal tersebut. 

Dua setengah jam tiba di desa Ngaul untuk melanjutkan perjalanya menuju desa Air Liki,untuk mencapai daerah tersebut gubenur dan bupati juga rombongan lain harus mengunakan ketek dengan berukuran lain seperti ketek yang ada di sungai bataghari,jenis ketek di sungai tabir atau sungai lubuk larangan berukuran lebarnya cukup kecil dengan pajnag hamir enam meter.

 Ketek atau perahu mesin di sini bisa di tumpangi dengan dua penumpang di tambah satu sebagai narkoda perahu mesin,totol berjumlah tiga orang jika lebih perahu mesin ini akan tergelam namun untuk membawa penumpang mengikuti arus di mungkinkan tiga penumpang. 

Kondisi melawan arus penumpang tidak kebasahan jika mengikuti harus maka baju dna celana penumpang akan basah kuyup seperti kehujanan. Untuk ke desa Air Liki ketek harus melawan aliran sungai yang deras dengan banyaknya bebatuan besar di pinggir hingga di tengah sungai. 

Jika narkoda perahu mesin tidak lihai maka akan mendapat musibah yaitu tperhu mesin beserta penumpangnya akan terbalik dan hanyut. Narkoda perahu meisn di sini sudah cukup piawai untuk melintasi aliran yang aman tanpa menabrak batu,bagi penumpang yang belum bias amelitasi aliran sungai ini maka rasa trauma dan was-was akan menghantuinya jika sudah tebiasa maka masalah yang wajar saja. 

Waktu yang di tempuh ke desa Air Liki lebih kurang sekitar satu setengah jam lamanya,dengan pemandangan batu tebing yang curam di dalam perjalan terdapat air terjun setinggi sekitar lima puluh meter,cukup indah bagi yang suka tantangan maut melitasi alam yang arsi ini(Tim-JT)
Share this video :
 
Support : Creating Website
Copyright © 2014. TV The Jambi Times - All Rights Reserved