Home » » Bea Cukai Jambi Ekspos Kasus

Bea Cukai Jambi Ekspos Kasus


The Jambi Times – Jambi – Direktorat Jenderal Bea Cukai sebagai bagian dari Kementerian Keuangan terus berupaya memberantas peredaran barang-barang ilegal;.upaya ini merupakan aksi nyata DJBC dalam menindaklanjuti intstruksi Presiden kepada Kementerian Keuangan,khususnya DJBC. 

Penangkapan barang kena cukai semakin gencar di lakukan DJBC dengan harapan tidak ada lagi barang kena cukai baik berupa rokok maupun minuman keras yang ilegal dan tidak membayar cukai.Barang-barang ilegal tersebut selain tidak membayar cukai juga akan memberikan dampak negatif terhadap masyarakat,penangkapan atau penindakan tersebut juga di maksudkan sebagai upaya untuk melindungi pengusaha barang kena cukai yang melakukan kegiatan usahanya secara benar,legal (fair treament). Selasa(26/04/2016) Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean B Jambi,Priyono Triatmojo berhasil melakukan penindakan sebanyak 17 kali terhadap peredaran barang kena cukai ilegal,barang eks impor dan barang kiriman pos terkena aturan lantas. 

1.Hasil tembakau berupa rokok sebanyak 3.715.576 batang berbagai merek dan dengan nilai barang di taksir sekitar 1,3 milyar.Adapun jenis pelanggaran yang di temui di lapangan adalah pelanggaran Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 Tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1995 tentang cukai pasal 54 j.o. Pasal 56 yaitu hasil tembakau yang tidak di lekati pita cukai dan salah personaalisasi. 

2.Minuman keras (mengandung etil alkohol atau MMEA)sebanyak 240 botol yang tidak di lekati pita cukai berbagai merek baik impor ataupun lokal yang di tengah dari berbagai tempat penjualan eceran di Kota Jambi dan sekitarnya,dengan nilai barang di taksir sekitar 6 juta.jenis pelanggaran yang di temui adalah pasal 54 j.o pasal 56 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 Tentang cukai yaitu minuman mengandung etil alkohol yang tidak di lekati pita cukai. 

3.Selain melakukan penindakan terhadap BKC,KPPBC TMP B Jambi juga melakukan penindakan terhadap barang eks impor barang kiriman pos yang terkena aturan larangan dan pembatasan (lartas)seperti beras,alat kesehatan,sex toys,barang merah dan barang-barang lainya. Dari 17 kali penindakan yang di lakukan tersebut,potensi penerimaan negara yang bisa di selamatkan oleh KPPBC TMP B Jambi sebesar Rp:1.370.736.605(Satu Milyar Tiga Ratus Tujuh Puluh Juta Tujuh Ratus Tiga Puluh Enam Ribu Enam Ratus Lima Rupiah).(Tim-JT)
Share this video :
 
Support : Creating Website
Copyright © 2014. TV The Jambi Times - All Rights Reserved